Kota Rawan Bencana Perlu Ditata Ulang

[Pos KOta] Jakarta- Pulau Jawa akan tenggelam. Para ahli sudah lama mengingatkan hal itu, sehinga Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) merekomendasikan sebanyak 80 persen kota di Jawa perlu ditata ulang.

Ketua Umun IAP Imam Sudrajat, Rabusiang mengatakan, pemerintah kota dan
para perencana kota dalam menghadapi berbagai bencana ini harus segera mempertimbangkan skenario dampak bencana sebagai variabel dalam proses rencana dana tata kelola kota.

“Ketika Jakarta kembali dilanda banjir beberapa minggu lalu, mengakibatkan akses ke Bandara Cengkareng terputus sehingga ribuan penumpang pesawat terlantar. Namun pemerintah pusat dan Pemda DKI mengantisipasi hal ini
terlihat kurang atau lamban,” katanya.

Ditambahkan Ketua Bidang Kajian Yayat Supriyatna, Jawa diserang tiga bencana mulai dari darat yakni tanah lonsor dan gunung berapai, dari udara angin puting beliung dan dari laut tsunami dan air pasang.

“Bencana yang terjadi di Jawa sudah diambang batas, karena jumkah penduduk yang terus meningkat disertai kerusakan alam yang sudah tidak terkontrol,” katanya.

Perencanaan tentang kota sudah tak bisa ditawar-tawar lagi. Perubahan iklim akibat pemanasan global adalah tugas semua kepentingan baik pemerintah kota, perencana dan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: