Masih Masa Transisi, Hujan Turun Malam Hingga Dinihari

suarasurabaya.net| Kota Surabaya dalam prakiraan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Juanda, Selasa (18/03) siang ini masih diliput awan hujan, namun hujan bersifat lokal diprakirakan akan turun di atas pukul 19.00 WIB.

AGUS TRISUHONO prakirawan BMG Juanda pada suarasurabaya.net mengatakan untuk Jawa Timur secara umum tak jauh berbeda dengan cuaca di Surabaya. Hujan diprakirakan bakal turun malam hingga dinihari.

Hujan orografis atau hujan akibat terjadinya kondensasi awan hujan di daerah bertopografis tinggi bakal turun di daerah-daerah pegunungan seperti Malang, Pasuruan, Tretes, Jember, dan Pacitan. Hujan ini juga bakal terjadi pada malam hingga dinihari.

Sedangkan untuk daerah aliran sungai (DAS) Bengawan Solo, kata AGUS juga bakal diguyur hujan dengan intensitas ringan, juga terjadi pada malam hingga dinihari.

“Hanya Pulau Madura dan Bawean yang tidak turun hujan hari ini karena wilayahnya yang datar sehingga kecil kemungkinan bakal terjadinya kondensasi awan hujan,” papar dia.

Untuk angin, jelasnya, hari ini terpantau masih kondusif dengan kecepatan maksimal rata-rata 16 hingga 20 km perjam. Kondusifnya kecepatan angin ini, kata AGUS, karena tekanan udara di Jawa Timur, NTT, dan NTB dengan wilayah Barat Laut Australia relatif sama sehingga pergerakan angin relatif variabel atau berubah-ubah arah.

Kendati relatif kondusif dan berubah-ubah arah, angin di Jawa Timur terpengaruh oleh adanya pusat tekanan tinggi di Australia bagian Timur dan Selandia Baru bagian Barat. “Beda tekanan hanya 20 milibar sehingga arah angin di Jawa Timur meskipun berubah-ubah arah, masih ada kecenderungan adanya angin dari arah Timur,” kata AGUS.

Untuk penerbangan, cuaca ini tergolong kondusif. Namun demikian di Bandara Juanda sekitar pukul 07.00 WIB tadi sempat tersaput awan rendah sehingga jarak pandang hanya terbatas 800 meter saja. Namun sekarang sudah berangsur membaik menjadi 8 km.(edy)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: