Penanganan Bencana Perlu Informasi Iptek

Jakarta, Kompas – Penanganan bencana, mulai dari mengantisipasi atau memprediksi munculnya bencana hingga penanggulangannya, memerlukan penelitian. Tanpa penerapan iptek dan penyampaian informasi tentang berbagai kebencanaan, potensi bencana yang ada dapat menimbulkan kerugian material dan jiwa yang besar.

Asisten Deputi Pendayagunaan dan Pemasyarakatan Iptek Kementerian Negara Riset dan Teknologi (Ristek) Pariatmono menjelaskan itu, Rabu (12/3), berkaitan dengan mulai beroperasinya Pusat Informasi Riset Bencana Alam (PIRBA) di dunia maya (virtual world), yaitu pada situs web www.ristek.pirba.go.id.

Menurut pengamatan Pariatmono yang juga Ketua PIRBA, terjadinya bencana di Indonesia sebagian besar antara lain karena tidak diterapkannya pengetahuan itu. “Adakalanya informasi ancaman bencana tidak sampai dan tidak dimengerti oleh pembuat kebijakan dan masyarakat,” ujarnya. Hal inilah yang mendasari didirikannya PIRBA. Pembangunan pusat informasi ini, jelasnya, didasari oleh Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 Pasal 3, yang menyebutkan iptek sebagai salah satu asas dalam penanggulangan bencana.

Melalui PIRBA, ia berharap, informasi dan analisis kebencanaan dapat menjadi masukan dalam perencanaan pembangunan dan penataan ruang di daerah.

Selain situs web, Ichsan Mahyudin, Asisten Deputi Bidang Promosi Iptek Ristek, menambahkan, pusat ini juga akan menerbitkan brosur, poster, buku, dan penyampaian informasi riset kebencanaan pada masyarakat.

Melalui situs web ini, pengunjung juga dapat mengakses situs mitra kerja PIRBA. Dalam situs PIRBA juga dibuka forum diskusi untuk tiga fokus bahasan, yaitu sistem peringatan dini bencana, terutama tsunami (ews@ristek.go.id), pertukaran informasi tentang penanggulangan bencana tsunami (tsunami_drill@ristek.go.id), dan diskusi tentang banjir, khususnya di Jakarta (banjir@ristek.go.id). (YUN)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: