Wisatawan Domestik Turun 2%-3%

suarasurabaya.net| Cuaca buruk dan bencana banjir yang terjadi selama tiga bulan terakhir di beberapa daerah di Jawa Timur mengurangi wisatawan domestik ke obyek wisata 2%-3%.

Drs M HARUN MM Kepala Dinas Pariwisata Jawa Timur pada suarasurabaya.net, Selasa (18/03), mengatakan, penurunan 2%-3% wisatawan domestik berdasarkan data Februari 2008 dibandingkan pada periode sama tahun lalu.

“Beberapa obyek wisata alam terpaksa ditutup untuk menghindari longsor dan sebagian lain karena terkena musibah banjir. Kontribusi obyek wisata alam terhadap sektor pariwisata Jawa Timur lebih dari 40%”tukasnya.

Sedangkan untuk wisatawan mancanegara, menurut HARUN, pada awal tahun sampai sekarang ini merupakan low season kunjungan sehingga tidak ada pengaruhnya terhadap jumlah wisatawan mancanegara. Mereka baru melakukan kunjungan ke beberapa obyek wisata Jawa Timur sekitar September mendatang.

HARUN mengatakan realisasi pendapatan sektor pariwisata Jawa Timur tahun 2007 mencapai Rp 181 milyar. Dalam Tahun Kunjungan Wisata Indonesia 2008 ditargetkan naik 1%-2%.

Sedangkan devisa yang diperoleh Jawa Timur selama 2006 sebesar US$ 147,9 juta. “Sementara jumlah kunjungan wisatawan domestik sebanyak 21.750.000 orang dan 140 ribu wisatawan mancanegara. Wisatawan mancangera ini masuk lewat Juanda, overlay dari Bali dan Juanda,”tukasnya. (tin)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: