Warga Mulai Terserang Penyakit dan Kekurangan Air Bersih

INUMAN-Sejumlah warga yang terkena banjir sejak seminggu lalu, saai ini mulai mengeluhkan masalah kesehatan dan kekurangan air bersih.
Salah satu keluhan ini disampaikan Yanti (24), warga Desa PUlau Sipan, Kecamatan INuman, ketika ditemui, Senin (17/3) kemarin. Disebutkannya, anaknya yang berusia 2 tahun dan suaminya mulai di serang gatal-gatal. Untuk berobat Yanti mengaku kesulitan, karena letak Puskesmas jauh di seberang atau di Pasar Inuman. “Kami susah harus menyeberang dengan perahu, sementara kompang penyeberangan tidak lagi beroperasi karena debit air yang besar,” ujarnya. Guna mengatasi penyakit gatal-gatal tersebut menurut Yanti, mereka hanya mengobati dengan cara mengolesi dengan minyak tanah. Hal yang sama juga diakui Martijah (70), warga Desa yang sama. Martijah yang tengah duduk di atas perahu terlihat mulai terkena gatal-gatal di sekujur tubuh yang disertai bintik merah. “Diobati dengan minyak tanah saja, tapi hilangnya hanya sebentar,” keluh Martijah. Selain itu, warga yang terkena dampak banjir saat ini juga mengeluhkan sulitnya air bersih. Hal ini karena hampir seluruh sumur warga
terendam banjir. “Untuk air bersih, kami terpaksa memasak air Sungai Kuantan,” ujarnya. Walau mengaku sudah terbiasa, tapi warga berharap pemerintah dapat menyalurkan bantuan dan pengobatan. Terkait masalah kesehatan warga, Kepala Dinas Kesehatan Kuansing Hoppy Dewanto, mengaku telah mengintruksikan petugas Puskesmas untuk siaga 24 jam. Sayangnya kebijakan Hoppy dinilai tidak populer, karena bersifat menunggu. Padahal warga yang membutuhkan bantuan tengah terisolir, dan butuh kunjungan langsung dari petugas kesehatan. Terhadap hal itu, Hoppy yang dihubungi, Senin (17/3) kemarin, mengaku akan membentuk tim dan menerjunkan langsung ke lapangan.(HEVI H ANTONI)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: