Banjir Benjeng Berkurang Jika Penanganan Kali Lamong Tuntas

suarasurabaya.net| Sejak banjir awal terjadi tahun 2006 di kawasan Benjeng dan Balong Panggang, penanganan Kali Lamong sudah dilakukan. Dari rencana penanganan 40 km alur sungai, namun sampai tahun 2007 baru bisa diperbaiki 14 km di Kabupaten Gresik.

IMAM AGUS NUGROHO Kepala Balai Besar Wilayah Bengawan Solo pada Suara Surabaya, Jumat (21/03), mengatakan kondisi Kali Lamong cenderung dangkal dan tidak beraturan. Disamping itu, penanganan Kali Lamong ini menghadapi kendala pembebasan tanah dengan warga sekitar.

“Nilai tanahnya sudah mahal. Padahal Pemda Gresik juga sudah mengupayakan. Pada tahun 2007 lalu, lahan sepanjang 2,8 km sudah dibebaskan dan di 2008 ini direncanakan dibangun tanggul. Harapannya, kontinuitas perbaikan tanggul bisa dilaksanakan tiap tahun,”ujarnya.

Masalah pembebasan tanah, kata IMAM, menjadi urusan Pemda Gresik. Sedangkan kontruksinya tanggul dari Balai Besar Bengawan Solo.

Kali Lamong, ungkap IMAM, memiliki panjang 90 km ujungnya dari Kabupaten Mojokerto mengalir ke Gresik. Kemampuan sungai sebelum ditangani menampung 250 meter kubik/detik. Dari perhitungan 2 tahun berturut-turut, debit air yang melewati Kali Lamong sekitar 500 meter kubik/detik.

Melihat kemampuan Kali Lamong yang minim, kata IMAM, selain penanganan dengan cara normalisasi juga dilakukan studi untuk membuat waduk. Ini merupakan satu diantara solusi dan tidak mungkin cuma mengandalkan pembuatan tanggul saja. Kalau normalisasi berhasil, banjir akibat luapan Kali Lamong seperti Benjeng dan Balong Panggang akan berkurang. (gk/tin)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: