Cegah Banjir di 3 Kecamatan Pemkab Sumenep Bangun Embung Air

suarasurabaya.net| Untuk mencegah banjir, Pemkab Sumenep akan membangun embung air “Mandi Rada” di Desa Kebon Agung Sumenep. Dinas PU Pengairan Sumenep mulai merintis membangun embung air di 2008.

TEMI reporter Radio Nada Sumenep dalam Jaring Suara Surabaya, Senin (24/03), melaporkan embung air fungsi utamanya mencegah banjir di 3 kecamatan yakni Kecamatan Batuan khususnya Desa Patihan, Desa Sendir Kecamatan Lenteng, dan Desa Buangan Kecamatan Sarongki.

M JAKFAR Kepala Dinas PU Pengairan Sumenep mengatakan saat ini sedang tahap pembebasan lahan warga. Embung air akan dibangun di atas lahan 4-5 hektar dengan biaya Rp 10 milyar.

Mengingat anggaran yang dibutuhkan cukup besar, kata JAKFAR, pihaknya akan meminta dukungan dana dari APBD Jawa Timur atau APBN. Studi kelayakan dan desain embung air sudah dilakukan sejak 2006.

JAKFAR menambahkan selain sebagai pencegah banjir, embung air bisa dimanfaatkan untuk obyek wisata. Ini karena lokasi embung berdekatan dengan Asta Tinggi, tempat makam para raja Sumenep yang selama ini sudah dikenal sebagai satu diantara tujuan wisata di Sumenep. (tin)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: