Banjir Lagi, Banjir Lagi

[Indo Pos] JOGJA – Hujan lebat yang mengguyur Jogja dan sekitarnya siang kemarin kembali mengakibatkan banjir di beberapa di lokasi. Titik yang paling parah adalah di kawasan Kali Mambu (Jalan Batikan) dan Jalan Menteri Supeno. Debit air Kali Mambu bahkan jauh lebih tinggi ketimbang badan jalan. Akibatnya, ruas jalan itu berubah menjadi aliran sungai.

Kondisi ini mengakibatkan arus lalu-lintas di simpul Kali Mambu dan Jalan Menteri Supeno kacau. Untuk mengantasi hal ini, Satlantas Poltabes Jogja menutup Jalan Batikan dari arah utara dan ruas Jalan Menteri Supeno ke arah timur.

“Di sini hujan sebentar saja selalu banjir. Kali Mambu juga selalu meluap, sehingga sangat berbahaya. Ketinggian air di ruas jalan lebih dari 60 cm,” ujar seorang polisi yang berjaga di Pos Jalan Menteri Supeno.

Menurut warga, meluapnya Kali Mambu tidak lepas dari banyaknya bangunan yang ada di sisi timur sungai ini. Untuk mendirikan bangunan di sisi timur sungai dipastikan harus membuat jembatan. Jembatan inilah yang mengakibatkan banjir.

“Jembatan yang dibuat kurang tinggi, sehingga menutup saluran air. Akibatnya air menjadi meluap dan ketinggiannya justru di atas badan jalan,” kata Wagino, warga setempat. Warga berharap Pemkot Jogja segera mengambil tindakan memperbaiki DAS Kali Mambu. Kalau tidak, kawasan tersebut akan selalu menjadi langganan banjir.

Titik banjir lainnya juga terjadi di Jalan Wonosari, tepatnya sekitar 200 meter sebelah timur Museum Wayang Kekayon. Ketinggian air di ruas itu mencapai 50 cm di sepanjang 100 meter. Akibatnya, antrean panjang terjadi di jalan yang dikenal cukup padat ini.

Banjir ini juga mengakibatkan mobil milik anggota Polres Gunungkdiul terperosok ke dalam Saluran Air Hujan. Wagiran, anggota polisi itu awalnya berniat menghindari banjir di tengah jalan. Dia memilih mengambil sisi kiri. Namun apes, pilihan itu justru membuat Honda Civic-nya terperosok.

Dari pantauan Radar Jogja, hujan kemarin juga mengakibatkan banjir di sekitar Perumahan Bangunharjo Jalan Parangtritis, Jalan Kaliurang terutama di perempatan MM UGM, Ring-Road Utara, dan beberapa titik lain. (ufi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: