Puluhan Rumah Tergenang Banjir

[PR]BANDUNG,- Puluhan rumah warga RW 03 Kampung Sinarsari, Desa Majasetra, Kec. Majalaya, Kabupaten Bandung terendam banjir setinggi lutut orang dewasa, Minggu (6/4) malam. Air mulai menggenangi rumah penduduk sejak pukul 18.30 WIB, dan diperparah dengan turunnya hujan pukul 19.00 WIB. “Air mulai menggenangi jalan sebelum hujan turun. Biasanya memang banjir di sini dimulai sebelum hujan turun karena kiriman dari Sungai Citarum,” ujar Ujang (60), seorang petugas keamanan di Desa Majasetra.

Banjir disertai lumpur yang menyergap jalan Majalaya-Rancaekek menyebabkan kendaraan kesulitan melewati jalan tersebut. Beberapa pengendara motor harus mendorong kendaraannya saat melewati banjir. Berdasarkan pantauan “PR”, beberapa warga turun ke jalan untuk membantu pengendara kendaraan bermotor yang kesulitan melewati jalan yang tergenang banjir.

Beberapa fasilitas umum seperti kantor Penyuluhan dan Pengamatan Potensi Perpajakan Desa Majalaya, dua sekolah dasar, dan 1 taman kanak-kanak ikut terendam banjir.

“Ini tidak sebesar banjir yang terjadi Sabtu malam kemarin. Air sampai setinggi 1,5 m dan masuk ke rumah penduduk. Bahkan pagar rumah saya roboh diterjang banjir,” kata Ketua RT 04/RW 03 Kampung Sinarsari, Desa Majasetra, Kecamatan Majalaya, Amin G.S. Amin menambahkan bahwa di wilayah Majalaya, memang langganan banjir setiap bulan Februari-April setiap tahunnya.

Selain itu, air setinggi betis orang dewasa juga menggenangi jalan di Desa Majalaya, Kec. Majalaya, Kab. Bandung. “Air mulai menggenangi jalan sejak pk 17.30 WIB. Namun tidak sampai masuk ke dalam rumah,” kata Riki, warga Desa Majalaya.

Menurut Kepala Desa Margamulya, Kec. Pangalengan, Kab. Bandung, Bunyangun Marsus, hujan yang terjadi di wilayahnya menjadi penyebab banjir. “Jika di sini hujan, air limpahannya akan dibawa sungai Citarum ke hilir dan menjadi banjir di Majalaya. Tadi di sini hujan mulai pukul 16.00 WIB,” katanya.

Pohon Tumbang

Sementara itu, sebuah pohon waru tumbang melintang jalan di depan rumah di Jln. Pelajar Pejuang `45 No. 44 Kota Bandung, sekitar pukul 20.20 WIB. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa yang sempat menimbulkan kemacetan sekitar 20 menit.

Menurut Kanit Patroli Polsekta Lengkong, Ipda Aburahman, arus kendaraan lancar kembali setelah dialihkan ke Jln. Talagabodas. Berdasarkan keterangan Engkos Kosasih (45), satpam Hotel Graha Sartika, saat kejadian, hujan gerimis dan tak ada angin. “Kebetulan arus lalu lintas sedang lowong saat pohon yang sudah doyong itu rubuh ke jalan,” ujarnya.

Tak lama kemudian, satu unit kendaraan dari Dinas Penanggulangan Kebakaran Kota Bandung datang membantu menyingkirkan pohon berdiameter sekitar 70 cm itu. (CA-164/CA-165/CA-/171/CA-187/CA-168)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: