Rencana Aksi Pengurangan Risiko Bencana Provinsi Sumatera Utara Tahun 2008 – 2012

Sebagai bentuk komitmen Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara terhadap wilayahnya yang rentan terhadap bencana maka disusunlah Buku Rencana Aksi Pengurangan Risiko Bencana Provinsi Sumatera Utara Tahun 2008 – 2012. Penyusunan buku ini juga menindaklanjuti Undang-Undang Nomor 24/2007 tentang Penanggulangan Bencana, Rencana Aksi Nasional Pengurangan Risiko Bencana (RAN PRB) dan Resolusi PBB No. 63 Tahun 1999 serta Hyogo Framework for Action dan Beijing Action.

Penyusunan buku ini bertujuan untuk mengubah paradigma dalam menangani bencana alam, dari yang selama ini masih lebih bersifat responsif dalam menangani, menjadi suatu kegiatan yang bersifat preventif, sehingga bencana alam itu selain mungkin dapat dicegah atau diminimalkan (mitigasi), juga risikonya dapat dikurangi atau malah ditiadakan.

Proses penyusunan buku ini telah berjalan sejak bulan November 2006 dengan melibatkan berbagai pihak baik di tingkat provinsi maupun tingkat daerah yang meliputi dinas/instansi terkait serta stakeholders lainnya. Kegiatan ini dimulai dengan pengumpulan berbagai rencana kegiatan dari semua pihak terkait disesuaikan dengan program yang terdapat dalam Hyogo Framework for Action 2005-2015.

Sebagai buku Rencana Aksi Provinsi Sumatera Utara Pengurangan Risiko Bencana yang pertama buku ini masih banyak kekurangan, karena masih bersifat mengumpulkan dan mengelompokkan berbagai rencana kegiatan dari stakeholders yang berkepentingan. Selanjutnya ke depan akan terus disempurnakan agar dapat diimplementasikan sebagai rencana aksi yang baku bila terjadi bencana.

Medan, …. November 2007
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Suamtera Utara
Tahun 2007

DOWNLOAD
Rencana Aksi Pengurangan Risiko Bencana Provinsi Sumatera Utara Tahun 2008 – 2012

http://bencana.net/prb/rencana-aksi-prb-prov-sumatera-utara-2008-2012.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: